Workshop Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pembinaan dan pengawasan,  maka dibentuk Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) di Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dalam melakukan pembinaan secara terintegrasi dan berkesinambungan sebagaimana yang diamanatkan Permenkes 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Dengan adanya TPCB di Dinas Kesehatan yang mampu melakukan pembinaan secara bermutu maka diharapkan berperan dalam membantu Puskesmas untuk memenuhi standar akreditasi pada pra akreditasi, pendampingan saat pelaksanaan survei akreditasi, dan membantu menyusun dan melaksanakan PPS berdasarkan rekomendasi dari hasil survei. Dengan peran tersebut maka diharapkan akan terjadi perbaikan mutu secara berkesinambungan dan periodik yang pada gilirannya mewujudkan budaya mutu di Puskesmas.

BMPK DIY berkesempatan membersamai Tim TPCB Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam rangkaian acara Workshop Tim TPCB Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan anggota Tim TPCB Dinas Kesehatan Kota dalam rangka pembinaan kepada puskesmas. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yaitu di tanggal 7 dan 8 November 2022 dengan materi hari pertama adalah Kebijakan Pembinaan Terpadu Puskesmas Melalui TPCB, Perencanaan perbaikan strategis (PPS), penerapan standar KMP dan AKB dalam monev mutu TPCB serta peran dinkes dalam pembinaan dan pengawasan puskesmas sesuai akreditasi puskesmas. Materi hari kedua adalah Inovasi puskesmas dan penerapan standar UKM dan PPN dalam monev mutu TPCB, strategi dan teknik menggerakan Tim Puskesmas dan penerapan standar UKP dan mutu dalam TPCB.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ketua dan anggota Tim TPCB cluster sidoasih, cluster sidomulyo, cluster sidomukti, cluster sidoluhur Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta mempunyai bekal dalam memberikan pembinaan dan pengawasan kepada 18 puskesmas di Kota Yogyakarta.

Kirim pertanyaan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 PT. Bahana Mutu Pelayanan Konsultan. All Rights Reserved | powered by Jogja Web Center